Friday, February 26, 2010

Budayakan Pertamax!

“Pertamax gan!” Sering denger ga lw frase singkat itu? Pertamax disini bukan jenis bahan bakar kendaraan bermotor lho! Gw yakin buat lw yang hobi berselancar di dunia maya, pasti tahu dan akrab benar dengan frase itu.

Bukan pertamax bahan bakar kendaraan bermotor lho

Biasanya frase itu muncul ketika ada seseorang yang mengupload atau mem-postkan sesuatu di ruang public, dan orang pun berlomba-lomba untuk menjadi yang pertama, dengan mengucapkan “pertamax gan!”. Pertamax berasal dari kata ‘pertama’ yang diberi tambah huruf x biar gaul gitu lho! Hehe. yang memiliki makna : saya yang pertama. Lalu kata ‘gan’ disinyalir dari kata ‘juragan’ yang digunakan untuk menghormati dan memberi tahu orang lain yang juga berada di “ruang public” dunia maya itu, juga sekaligus untuk menghormati dan memberi tahu orang yang memposting tersebut bahwa sayalah yang pertama tahu. Frase itu diucapkan dalam rangka membanggakan diri sendiri, bahwa dia adalah orang pertama diantara lainnya yang memperoleh informasi tersebut. Frase ini seringkali muncul di ruang public dunia maya seperti : situs kaskus, facebook, dan berbagai forum yang menuntut respon dan komentar.

Terus terang aja, gw ga tau siapa yang membuat frase itu, tapi yang jelas doi telah memperkaya kosa kata di perbendaharaan kata bahasa Indonesia. Frase itu tumbuh dengan sendirinya karena banyaknya para pengguna online yang berselancar di dunia maya, dan mereka ternyata suka “berlomba” untuk menjadi si pertamax. Ada rasa bangga dan kehormatan tersendiri apabila mereka berhasil menjadi yang pertama. Sungguh membanggakan ya, para onliners berlomba-lomba untuk menjadi yang pertama.


Foto editan para onliners ketika gagal pertamax


Yang menjadi pertanyaan adalah : bisakah semangat ‘pertamax gan’ itu menular di kehidupan nyata? Menjadi yang pertama dalam segala bidang? (yang postif tentunya)

Menjadi yang pertama dalam penemuan mobil terbang misalanya, atau menjadi yang pertama dalam menemukan obat untuk AIDS, menjadi yang pertama yang bisa mengubah air menjadi bahan bakar kendaraan bermotor, dan sebagainya. Tak hanya itu, menjadi negara pertama yang unggul segala-galanya, dipandang, dihormati bahkan disegani negara lain.

Mengapa Amerika maju dan menjadi negara superpower? Karena Amerika merupakan negara maju pertamax! Mereka sudah jauh2 hari membina SDM-nya , jadi ketika negara lain masih sibuk dengan masalah, Amerika keluar sebagai negara maju pertamax. Banyak orang-orang “pertamax” dari Amerika sebut saja Thomas Alva Edison si penemu lampu, Wright Brothers si penemu pesawat, dan tokoh ternama lainnya.

Untuk menjadi pertamax diperlukan ide liar, ide yang tak terpikirkan oleh orang lain. Ide yang masih baru, cemerlang, fresh, dan belum bahkan tidak pernah terpikirkan orang lain. Ide itu bersifat radikal, terkadang susah dicerna akal sehat, dan berlawanan dengan arus besar. Sebut saja Wright Brothers yang punya mimpi pengin terbang. dihujat dan diejek sana-sini oleh orang Gimana bisa? Manusia bukan burung gitu? Tapi mereka cuek aja gitu, urusan teknis bisa dipikirkan belakangan. Tapi orisinil banget kan idenya, dan sangat out of the box. Akhirnya mereka berhasil membuat pesawat. Begitu juga Thomas Edison, yang tidak ingin disebut GAGAL 2000 kali tapi berhasil 2000 kali dalam percobaan sehingga muncullah lampu saudara! hahaha

Bagaimana dengan anda? Sudahkah anda pertamax? Ga usah muluk-muluk bermimpi menjadi pioneer atau penemu, mulailah dari hal-hal kecil namun penting dalam hidup anda. Jadilah pertamax dalam ngumpulin tugas kuliah atau dari bos, atau jadilah pertamax dalam hadir di acara atau pertemuan jangan telat, dan lain sebagainya. Apabila sudah terbiasa, maka kebudayaan untuk selalu menjadi pertama akan membawa kita menjadi negara yang unggul, start dahulu sebelum yang lainnya.

Ad Maiorem Dei Gloriam

Bene Krisna

3 comments:

  1. ehm .. mas gun mas gun ... pertamax ya anda ..agak meragukan loh .. itu faktor keberuntungan aja kalee ... ahhahahahah .. hati hati mas .. entar kesandung lagii .. wkwkwkwk ... btw mas ben mangstaph nh .., perlu gw contoh ..

    ReplyDelete