Thursday, June 3, 2010

Yeah Suck My Blood!!! : Kisah pertama kali gw donor darah

Seminggu itu (maksudnya tanggal tgl 17-20 Mei, basi banget baru post sekarang, gara2 nunggu foto donor dari Gaby, thx anyway. hahaha) emang hidup gw berwarna banget. Setelah kemarinnya menyelesaikan hari yang indah karena foto modeling di katedral dan pestain ultahnya Shearen, besoknya ada acara donor darah di kampus. Jauh2 hari gw emang uda mengetahui ada acara ini, dan waktu itu gw cukup excited, karena mungkin darah gw akan disumbangkan ke orang yg membutuhkan, dan gw belum pernah donor darah sebelumnya.

Tapi pas di hari H-nya, terus terang gw agak takut juga. Gw takut jarumnya ga sterilah, takut salah nyuntik, takut apalah macem2. Apalagi semalam sebelumnya gw baru balik malem, n dilanjutin begadang, baru tidur jam 1 atao 2an, mana sebelumnya gw ga makan. Gw lagi ga dalam kondisi terbaik gw. Paginya gw langsung bantai sarapan yang banyak dan minum susu, sambil berharap badan gw cukup kuat untuk donor.

Selesai kelas PR, kita capcus ke function hall ke tempat acara berlangsung. Kita pun mengantri untuk diperiksa, untuk mengecek kesehatan, dan kadar HB (hemoglobin) darah kita. Gw cukup excited sih tapi deg2an juga, harap-harap cemas juga, soalnya gw ngeliat orang2 yang uda di ambil darahnya mukanya lesu semua, kayak ga tidur semaleman dan ga makan seminggu, mukanya pada pucet. Dah kayak orang sekarat aja gitu, zombie idup. modar gw!

Lalu tibalah giliran gw. Gw mengukur tinggi dan berat badan dan gw dinyatakan lolos. Berikutnya jari tengah tangan kanan gw di tembak jarum kecil untuk membuka kulit dan mengambil darah gw sebagai sampel, dan hasilnya golongan darah gw adalah A! Belum selesai tes kelayakan donornya, gw disuruh mengisi angket tentang kesehatan kita, apakah gw penyakitan, ngerokok, narkob, dll. Gw mah negative semua, loloslah tahap ini. Sampailah pada tahap terakhir yaitu uji kelayakan kadar hemoglobin dan tekanan darah.

Gw : Dok, wawancaranya nih kita?
Dokter: Iya dong, saya perlu tahu apa kamu lolos apa ga? (tangan doi sibuk ngambil alat ukur tekanan darah)
Gw : emang syaratnya apa dok?
Dokter: tekanan darah dan kadar hemoglobin cukup. (menjawab sekenanya karena lagi sibuk)
Gw : caranya?
Dokter: makan dan tidur teratur. Apalagi semalam
(waduh, abislah gw… uda begadang ga makan pula. Ya suwlah, mungkin gw belum jodoh buat donor sekarang)
Dokter: Kamu semalem tidur jam berapa?
Gw : Begadang sih dok
Dokter: jam?
Gw : Jam 1 ato 2an gitu, lupa
Dokter: Hmmm (pala ngangguk sambil mengukur tekanan darah gw)
Dokter: oke kamu lolos
Gw : (mulut menganga…I can’t belive man! I only sleep about 3-4 hours instead of 6-8 hours, and pass the test)

Well here is the truth, I’m not sleeping well last night, and didn’t have dinner but I pass the exam. ???

Dokter: silahkan kamu ke ranjang
Gw : eh iya dok (berlalu dengan bingung….. )

Lalu gw berbaring di sebuah ranjang. Suster di sebelah gw mengambil sebuah jarum
Gw : Sus, sakit ga?
Suster: ga biasa ja kok
Selesai menyiapkan peralatannya suster hanya berkata pendek
Suster : Ambil nafas yang panjang ya
Gw : ??? (what the hell, kayak gw bakal mati di suntik aja!!! Woi gw suntik donor darah bukan suntik mati!!!)
And then jusss…..menacaplah itu jarum di lengan kiri gw. Dan darah gw mengalir perlahan dari lengan gw ke dalam tabung darah. Ternyata biasa aj, ga sakit sama sekali. pikiran gw aja yang lebay, itu ga sakit sumpah, cuma kayak di cubit doang.

Darah gw mengalir lambat, gw bisa melihatnya di pipa. Si suster menyuruh gw untuk memompa jari-jari kiri gw, awalnya gw kuat, tapi ga genep sepuluh kali, tangan kiri gw uda ga bertenaga, seakan tangan gw buntung sebelah, lemes banget ga bisa gerak.
Temen2 gw yang donor di sebelah gw uda pada selesai, gw menyusul belakangan, mengingat darh gw melaju bak macet pantura di bulan lebaran.


Yeah suck my blood for goods!!!


Setelah itu kita di kasih kartu donor darah dari PMI, lalu untuk menghasilkan darah lagi kita dikasih susu, popmie dan telor rebus. Dan untuk kenang2an kita dikasih pin acaranya ini, “With blood we care”

Lalu gw ber4, raff, jawir sama toro capcus ke perpus buat ngerjain tekom. Gw ga sekelompok ama mereka tapi gw ngikut aj.
Gw pun duduk di kursi santai perpus, ga nyampe 10 menit gw langsung tewas….lemes banget badan gw, gw ngantuk berat. Tidurlah gw mpe jam 2an. Lalu sehabis itu gw merem melek2 terus. Uda ga ngantuk tapi badan lemes banget.

Jam 3 gw dapet sms dari Inne suruh jemput dia sama anak2 di SMS, buat ikut meeting bisnis. Gw pun capcus ke SMS. Pas nyampe di mobil, kaki kiri gw awalnya gw kuat nginjek kopling, tapi gw paksa, aminn….bisa. haha.

Singkat kata kita nympe di kampus, ikut campus meeting Tiens, lalu Nita join! Yeah! Punya kaki baru deh gw! Hohoho :D. Habis itu kita capcus pulang.
Sialnya gw di jalan kena macet, banget pula. Mana badan uda meriang gara2 dingin . AC uda gw matiin, gw uda pake sweater, tapi tetep aja gw menggigil. Mana kaki lemes, buat nginjek pedal kopling berat banget, pegel dah, siksaan. Hahaha

Akhirnya gw sampe juga, 2 jam pulang Serpong-Pamulang, gilee… padahal mah biasa 45 menit juga sampe, apalagi kalo gw lagi Michael Schumacer mode on! Beuh setengah jam juga khatam. Hahaha. Mpe rumah gw lgs sikat makanan, terus tidur dah, untuk memulihkan tenaga gw. Hahaha

It’s a nice experience. Ga sakit, dan malah menyenangkan bisa menyumbangkan darah. Hehe. Sumbangsih gw di hari kebangkitan nasional *bacot!!! Hahaha. See you in the next post!

Ad Maiorem Dei Gloriam
Bene Krisna

No comments:

Post a Comment