Monday, April 25, 2011

Risalah (Menuju) Idealis

"Setiap harinya saya (semakin) dihadapkan dengan realita yg jauh dr konsep ideal. Pertanyaannya: saya yg menyimpang atau masyarakat yg mnyimpang? Hmm..." -Bene Krisna-
"Akhir-akhir ini saya selalu berpikir, apa gunanya semua yang saya lakukan ini. Saya menulis, melakukan kritik kepada banyak orang yang saya anggap tidak benar dan yang sejenisnya lagi. Makin lama, makin banyak musuh saya dan makin sedikit orang yang mengerti saya. Dan kritik-kritik yang saya tidak mengubah keadaan. Jadi sebenarnya apa yang saya lakukan? Saya ingin menolong rakyat kecil yang tertindas, tapi kalau keadaan tidak berubah, apa gunanya kritik-kritik saya? Apa ini semacam onani yang konyol? Kadang-kadang saya sungguh merasa kesepian" Soe Hok Gie - Catatan Seorang Demonstran

Aneh adalah ketika anda menaruh perspektif anda di luar sebuah hegemoni yang telah terkonfirmasi menjadi kewajaran.

What wrong in being different anyway?

No comments:

Post a Comment