Sunday, May 29, 2016

Satu-satunya Cabai yang Kusuka



Saya tidak suka makan pakai cabai. Selain karena perut rewel, saya merasa makan cabai rempong, dikit-dikit mesti minum. Eh ujung-ujungnya perut kenyang air bukan karena makan (alesan, bilang aja ga kuat pedes! Hahaha)

Tapi kalian harus tahu, saya punya cabai favorit. Satu-satunya ‘spesies’ cabai yang paling saya suka adalah cabai yang buat didengar bukan dimakan. Ada yang tahu? Yup, Red Hot Chili Peppers! A.k.a RHCP!

The Red Hot Chili Peppers the latest formation. Gitaris Josh Klinghoffer (kiri atas), Vokalis Anthony Kiedis (kanan atas), basis Michael 'Flea' Balzary (kiri bawah), dan drumer Chad Smith (kanan bawah). Photo by Clara Balzary, posted on RHCP official website


Saya mulai menyukai band funk-rock asal California ini sejak mereka merilis album “By The Way” pada 2002. Waktu itu saya masih kelas lima SD dan MTV masih mengudara di stasiun televisi swasta tanpa berbayar. Saban pagi, kegarangan bas Michael “Flea” Balzary, variatifnya suara gitar John Frusciante, hentakan drum yang dinamis dari Chad Smith, and of course keempukan suara Anthony Keidis menjadi “sarapan” pagi sambil sarapan beneran sebelum berangkat sekolah.


Pertama saya dengar lagu ini, saya langsung jatuh cinta betul. “Gila nih band asyik banget musiknya!” Saya membeli kasetnya (belum zaman CD apalagi MP3 waktu itu) dan bisa dibilang kali pertama saya membeli kaset band asing pertama pilihan saya. Saya sering dengar musisi asing, tapi kala itu rasanya, belum pernah beli kaset band asing. Dulu kaset band saya itu Dewa 19, SO7, dan Padi. Selain itu ya my all time favourite singer, Chrisye!

Saya sudah pernah dengar RHCP sebelumnya saat dari videoklip “Californiacation” dari album yang mereka keluarkan sebelumnya tahun 1999. Saat itu videoklip itu begitu hits karena menampilkan animasi personil RHCP seperti main Playstation yang saat itu lagi booming banget.

Namun, saya jatuh cinta ya sama “By The Way” dan segenap lagu di dalamnya. Belum selesai demam lagu “By The Way”, saya gandrung betul dengan lagu “The Zephyr Song”, “Universally Speaking”, “Dosed”, “On Mercury”, dan “This is The Place”.

Cover album ke-11 RHCP "By The Way"
 

Dulu kaset diputar kebanyakan saat saya sekeluarga sedang jalan-jalan berempat naik mobil. Baru saat SMP saya dibelikan stereo boombox, kaset RHCP jadi teman saya waktu main Playstation. Nyokap langsung tahu banget lagu-lagu RHCP dan dia selalu bilang “Ini Lombok rawit ya yang main?”. Bahkan nyokap pun tahu hanya dengan sekali denger, artinya musik mereka begitu khas.

Red Hot bahkan pernah saya jadikan bahan untuk mengerjakan tugas Bahasa Indonesia saat SMP kelas 1 tentang tokoh idola. Disitulah pertama kalinya gw mengeksplor soal RHCP, bagaimana sejarahnya dan sepak terjangnya. Jangan bayangkan seperti sekarang yang tinggal googling doang dan semua informasi sudah keluar. Dulu saya sampai harus cari kliping-kliping di majalah Hai dan majalah lain, pantengin MTV hingga membaca teks di cover kaset untuk gali info soal RHCP.

Satu tahun kemudian, mereka mengeluarkan album The Greatest Hits. Tampil dengan satu hits baru “Fortune Faded”, melalui album itu mulailah saya berkenalan dengan nomor-nomor hits mereka seperti “Otherside”, “Under the Bridge”, “Give it Away”, dan “Scar Tissues”.. Saya juga mengenal lagu-lagu RHCP era awal seperti “Fight Like a Brave” (diambil dari album Uplift Mofo Party Plan tahun 1987) karena menjadi soundtrack gim Tony Hawk Pro Skater 2.

Tapi saya sempat “kehilangan” RHCP. Sebab album setelah “By The Way” yakni “Stadium Arcadium dulu hanya dikeluarkan dalam bentuk CD. Saat itu harga CD begitu mahal dan saya tidak berani minta dibelikan orang tua. Saat itu 4share belum zaman, jadi tidak bisa main unduh.

Cover Album Stadium Arcadium


Influence dalam Bermusik

Saking saya sukanya dengan band ini, saya sampai tak sadar bahwa mereka sukses merasuk menjadi influence saya dalam bermusik. Waktu SMA saya tergabung dalam band Dewargon. Band beraliran Pop Jazz ini sukses membawa saya menguasai panggung-panggung festival band SMA di Jakarta. Berkat keuletan dan kedisiplinan kami rutin berlatih ditambah kreativitas mengaransemen sehingga menghasilkan rasa baru dalam sebuah lagu, jadi rahasia kesuksesan kami.

Namun, justru saat latihan-latihan di studio band itulah saya disadarkan bassist kami saat itu, Yehezkiel Rogusto atau Ekel yang bilang, saya itu main gitarnya funk dan rock n roll banget. Mungkin karena saat itu saya punya efek gitar dengan bisa membuat suara gitarku jadi ‘wah-wow-wah’ setiap kali saya menginjak pedal. Suara gitar ‘wah’ identic dengan funk, apalagi cara ‘ngocok’ dan metik saya yang nggak nge-jazz sama sekali. Selain karena itu dan hal lainnya, saya memutuskan cabut dari Dewargon hehehe~

Jaminan Eargasm

Terus terang saat akhir SMP hingga SMA, saya sempat “meninggalkan” RHCP. Waktu itu saya lebih gandrung dengan emo dan rock n roll seperti Fall out Boy, My Chemichal Romance, Yellowcard, Dashboard Confentional, The S.I.G.I.T, The Brandals, Aerosmith, Bon Jovi, Mr.Big, dan lain-lain.

Pertama karena masalah CD yang harganya super mahal kala itu. Kedua, meski publik dunia menilai “Stadium Arcadium” adalah album terbaik RHCP, saya tidak merasakan demikian. Lagu “Dani California” yang sempat jadi hit awal album itu tidak bikin saya senaksir “By The Way”. Selain itu, pergaulan saya waktu itu dipenuhi emo dan rock n roll.

Terlepas dari itu, RHCP sendiri seakan memasuki masa hiatus, dari 2006 mereka tidak lagi mengeluarkan album lagi sampai keluarnya “I’m with You” pada 2011. Gitaris karismatik John Frusciante memutuskan keluar dari band pada 2009 setelah menemukan egonya yang lebih besar ketimbang tim. Posisi John digantikan gitaris muda yang sudah lama menjadi additional player band, yakni Josh Klinghofer.

“Saya sempat takut. Saya tak sanggup membayangkan membawa orang lain. Rasanya sudah tamat,” ujar Flea seperti dikutip majalah Rolling Stones edisi Oktober 2011. “Rasanya seperti kehilangan anggota keluarga,” lanjutnya.

Bagi Flea, musikalitas bersama John terasa begitu spontan. “John membawa ide dan saya langsung menyambutnya, atau sebaliknya.” Meski demikian, mereka berhasil menjaga salah satu penggemarnya di ujung timur dunia di kecamatan Pamulang. Saya. 

 
nih gue lagi baca majalah koleksi gue. Rolling Stones Edisi Khusus RHCP saat mereka keluarin album "Im with You" di edisi Oktober 2011

Saya kembali jatuh cinta sama RHCP saat kuliah semester akhir, di tahun 2012. Saya unduh satu album full “I’m With You” dan menjadi soundtrack wajib di mobil saat berangkat dan pulang kuliah. Nomor-nomor seperti “Goodbye Hooray”, “Did I Let You Know”, “Meet me at The Corner”, dan “Police Station” lebih saya sukai ketimbang hits yang ditawarkan RHCP seperti “Monarchy of Roses”, “The Adventure of Rain Dance Maggie”, “Brendan Death Song”, dan “Look Around”.

Cover album "I'm With You"


Saya juga mengunduh album permainan terakhir John di album “Rock n Roll Hall of Fame”, dimana RHCP mengaransemen lagu-lagu hits band RnR lain seperti “Havana Affairs” dari The Ramones dan “Suffragete City” dari David Bowie. Aransemen ulang lagu musisi lain pernah mereka lakukan sebelumnya pada 1989 lewat lagu “Higher Ground”  yang sebelumnya dipopulerkan oleh Stevie Wonder.

Meski lama tak saya dengarkan dan berganti gitaris, namun tetap saja, RHCP tetap selalu setia memanjakan telinga saya. Josh memang berbeda dari John. Permainan gitar Josh lebih ‘absurd’ dengan keberisikan efek-efek yang melatari musik band. Sementara suara gitar John lebih melodic dengan suara-suara yang lebih bersih. Ada kalanya John juga pakai efek berisik, tapi melodinya tetap terdengar jelas, sementara Josh tetap konsisten dengan suara berisik yang melatari. Satu yang hilang adalah backing vocal dari John yang diganti dengan paduan suara seperti lagu “Happiness Loves Company”.

Saat kuliah, dunia internet dan unduh sudah jadi kewajaran, saya sikat satu album “Stadium Arcadium” yang saat itu belum pernah saya dengar komplit. Saya menemukan lagu-lagu asyik lainnya seperti “Charlie”, “Tortured Me”, “Snow (he-oh)”, dan “Descration Smile”.

Lalu pada 2013 mereka mengeluarkan album vinyl bertajuk “I’m With You-Singles Collection”. Meski tidak sedahsyat “I’m With You”, tapi beberapa lagu tetap asyik di telingaku, seperti “Victoria Machinery” dan “Hanalei”.

Semua lagu-lagu itu menjadi pelanggan tetap playlist di HP saya dan di youtube saya. Saya dengarkan mereka pakai headset sambil naik motor atau kabel aux saat di mobil. Saya dengarkan mereka di kantor dengan headset menemai saya kerja. RHCP practically have been my friend.

Kebaruan

Akhirnya pada 5 Mei 2016, RHCP meluncurkan single terbarunya “Dark Necesities” untuk album terbaru mereka “The Gateaway” yang baru akan rilis 17 Juni 2016. Dahsyat! Setelah tiga tahun, keluar juga yang baru dari mereka. “Dark Necesities” tampil dengan simplisitas yang dibalut dengan teknik tinggi. Mereka menampilkan lagu baru dengan rasa lama RHCP.



Slap bass Flea seperti memberi pesan bahwa dialah raja basis Funk yang bermain dengan konsisten memberikan ritme dan melody pada lagu ini. Meski beatnya sederhana dan lambat di lagu ini, hentakan drum Chad Smith itu enak betul. Gitar Josh selalu siap melatari lagu dan ada juga bagian solo melody gitar yang mengingatkan saya pada tone-tone John, apalagi di bagian ending lagu efek gitarnya mengingat saya pada suara gitar “Under the Bridge”. Vokal Keidis meski sudah tembus usia 50 lebih, tetap prima dan enak seperti pertama saya jatuh cinta dengan “By The Way”. 

Seakan mabuk RHCP, saya explore mereka di aplikasi musik Spotify, dan saya menemukan lagu-lagu jadul RHCP yang sangat gahar dan funk seperti “Coffee Shop” dan "Get Up and Jump". Yang lebih gila lagi, saya seperti menemukan harta karun yang hilang. Saya menemukan puluhan lagu Red Hot yang sudah direkam tapi tidak dirilis dalam album-album mereka atau The B-Sides. Jadi menurut penelusuran saya di Google, yang dimaksud dengan The B-Sides adalah lagu-lagu tambahan dari sisa-sisa rekaman album vinyl alias piringan hitam. Entah bagaimana orang-orang itu bisa menemukannya, saya tinggal dengerin saya di Youtube.

Lagu-lagu seperti “Rivers of Avalon” dan “Bicycle Song” yang saya duga merupakan B-Side dari “By The Way” punya kualitas sama baiknya dengan lagu-lagu yang dirilis di album itu. Saya juga bingung kenapa mereka tidak merilis itu ya. Dalam waktu dekat akan saya telusuri itu hahaha.

Saya kira demikian catatan memori personal saya dengan band kesayangan saya ini. Saya sungguh berharap mereka bisa mampir ke Jakarta untuk konser. Saya akan ngotot untuk wawancara mereka, foto bareng mereka, dan bikin beritanya! Yeaah!

No comments:

Post a Comment