Monday, May 17, 2010

Dasar Anak Kecil Maniak Game!

Gw pengin cerita nih waktu kecil, gw dulu bener-bener freak sama yang namanya main game. Dulu tuh yah waktu gw kecil, dari pulang sekolah gw langsung ngibrit ke depan konsol game cuma buat maen, belum ganti baju seragam, belum makan siang, belum naroh tas, pokoknya nyampe rumah langsung maen. Uda gitu maennya sampe malem. Hahaha. Parah banget ya? Gw pengen cerita nih, bahwa game merupakan sahabat dan tujuan hidup gw waktu kecil. Hahaha.

Petualangan gw bermain game dimulai dari sebuah konsol game bernama Spica. Itu kira-kira waktu gw TK kecil, gw uda mabok maen game. Hahaha. Dulu permainan yang gw suka di spica adalah Mario Bross. Tau kan game legendaris itu? Seorang tukang ledeng pake baju dan topi merah pergi memberantas kejahatan. Hahaha

Spica:Generasi awal gw maen game konsol


Lalu jaman berkembang, munculah konsol game baru waktu itu, namanya Sega. Waktu gw kelas TK besar. Gw sebagai maniak gamers, maksa bokap nyokap untuk beliin itu. Entah karena setiap hari gedeg ngeliat anaknya ngerengek atau karena cinta (hehehe) akhirnya dibelikanlah Sega untuk gw dan kakak gw. Gw tambah parah maennya. Game yang paling sering gw maenin adalah Sonic, Jungle Strike, Bar Knuckle, Sunset Rider, sama Hang On. Sonic itu game legendaris yang jadi iconnya konsol sega, tokoh landak biru yang larinya cepat dan bisa muter-muter. Klo Jungle strike game helicopter itu terus kita di suruh nuntasin misi yang seru dan unik. Ada juga Bar Knuckle itu game action berantem, dan tokohnya gw masih inget banget tuh dari yang namanya Adam, Axel sama Cindy. Kalo si Adam jumpnya A, powernya B, Speednya C. Kalo si Axel Powernya yang A. Nah klo Cindy speednya yang A. Trus kalo game Sunset Rider itu ceritanya tentang game koboi2an gitu, nah kita disuruh nembak-nembakin musuh gitu. Maen itu gw selalu tamat, cukup maen 1 jam uda kelar. Nah bodohnya gw uda tamat, tapi gw mainin terus. Hahaha. Nah game favorit gw yang terakhir itu hang on, game balapan motor gitu deh, kita keliling kota tapi balapan. Hahaha


Generasi kedua game konsol di hidup gw


Jaman tidak tinggal diam, dan terus berkembang. Waktu itu munculah konsol legendaris bernama Playstation (PS), itu nongol pas gw kelas 3 SD, dan langsung gw beli. Beuh ini dia puncak2nya gw maen game. Semua game gw cobain dari Balapan, Fighting, Action, sampe RPG (Role Playing Game). Gw bener-bener kayak orang kecanduan, gw maen sampe lupa makan, lupa belajar, bonyok negor gw cuekin, pokoknya hidup gw waktu itu cuma buat maen PS dah. Kalo misalnya gw lagi pergi, gw selalu pengen cepet2 balik cuma buat maen PS. Hahaha. Banyak banget game PS yang uda gw mainin, uda hampir semuanya kali, tapi yang paling berkesan dan favorit itu game Lunar 2 eternal blue complete, Suikoden series (khususnya yang kedua), Tony Hawk Pro Skater 2 (THPS). Gila nyet itu tuh bener game kesenangan gw. Tak jemu2 gw main itu berulang-ulang.



Puncak kejayaan gw sebagai seornag gamer, maniak mampus sama konsol yang satu ini

Lunar 2 sejatinya adalah game yang amat jadul. Di game itu gambarnya masih jelek banget. Tokohnya masih mini kecil2 gitu. Tapi ga masalah buat gw waktu itu. Game itu adalah game RPG pertama yang gw mainin, dan gw langsung jatuh cinta saat pertama main. Jagoannya namanya Hero, jurus andalannya Poe Sword. Hahahaa. Gamenya lama banget sampe 3 CD, nah nyeselnya gw waktu itu adalah gw dah nyampe CD terakhir ngelawan boss terakhir namanya Zophar, nah pas saat itu PS gw rusak, dan sampe sekarang gw belum berhasil menamatkanya. Hiks…hikss….

Game RPG pertama yang membuat gw jatuh cinta


Ada pula game namanya Suikoden. Beuh ini game dahsyat banget! Gw yakin buat lw pencinta game konsol pasti tau Suikoden series. Ini menurut gw game terbaik sepanjang masa. Game RPG paling seru yang pernah gw mainin. The best pol2an dah. Game ini sejatinya merupakan kisah Genso suikoden yaitu tentang kerajaan dengan 101 pahlawan. Bayangin aja man! maen RPG lw bisa nyoba 101 karakter! Nah kalo di suikoden 2 malah ada 108 karakter (7 karakter tambahan adalah jagoan rahasia). Suikoden 2 bercerita ttg seorang pasukan bernama Hero dan sobatnya Jowy ikut perang, namun berpisah karena melompat jurang, lalu kemudian mereka harus bertemu lagi di pihak yang berbeda dan bertarung (bad ending). Ada juga good endingnya kita keluar dari kerajaan dan pergi merantau. Hahaha. Seru deh


RPG terbaik sepanjang masa

Tony Hawk Pro Skater Series. Ini juga merupakan salah satu game favorit gw. Game dimana gw menguasai betul mulai dari jurus2 dan triknya, bahkan cheatnya. Game dimana setiap kali gw aduan skor2 gw selalu unggul telak. Hahahaha. Mau coba ngadu? Hehehe. THPS adalah game dimana kita ngendaliin orang buat maen skateboard, terus ngeluarin jurus dan trik gitu buat ngumpulin skor dan ngerjain misi. Hahahha. Seru banget dah! Mana soundtracknya bagus2 banget lagi, gw demen banget dah pokoknya, like this!


Game dimana gw ga terkalahkan sampai detik ini

Selain itu gw cukup sering maen game2 lain sperti Tekken (game fighting paling ngetop sedunia dan akherat), Metal Gear Solid (game espionase the best all the time), Fisherman’s Bait (game mancing paling keren sedunia), game balapan mulai dari NFS sampe Grand Tourismo terus gw juga main game Rival School, Tenchu, Megaman Legend dan Megaman X. Ada juga gw main game RPG legendaris Final Fantasy 7 & 8 dimana itu merupakan game favorit kakak gw. Lalu kelas 5 SD, yaitu saat itu tahun 2002 dimana piala dunia Korea-Jepang diselenggarakan, dan acara TV yang ngetop waktu itu Tsubasa, maka mulailah gw berkenalan dengan Winning Eleven (WE). Game bola terbaik sepanjang masa. Game yang masih sampe detik ini gw mainin di waktu senggang gw (sekarang namanya Pro Evolution Soccer). hahaha. Waktu itu tiada hari tanpa sepakbola. Nonton TV ada piala dunia dan Tsubasa, di sekolah gw maen bola, di rumah maen PS juga maen WE yang waktu itu masih WE 4, bahkan kalo lagi ada tugas bikin mading kita bikin gambar tsubasa kalo ga ttg bola2 gitu deh.


Puncak kegilaan gw maen PS adalah pas gw kelas 5 SD. Itulah saat dimana maen game adalah tujuan hidup gw. Dan implikasinya adalah kehancuran dalam aspek hidup gw yang lain. Ini semua berawal dari nilai sekolah gw yang hancur, dan mulai ketahuanlah bahwa mata gw ini minus, gw ga bisa membaca dari jauh sehingga nilai sekolah gw ancur2an. Uda gitu gw jadi sering berantem sama bonyok gara2 gw kebanyakan maen PS, dan gw juga sering berantem sama guru gw, kertas ulangan sampe gw robek. Wah pokoknya saat itu gw uda pasrah total, gw pasti ga naik kelas. Eh ternyata Tuhan ngasih gw kesempatan kedua. Gw masih naik kelas, walaupun dengan nilai merah betebaran dimana-mana. Sejak saat peristiwa itu gw ga pernah maen segila dulu, frekuensinya gw kurangi.

Kelas 6 SD, PS gw rusak akibat optiknya rusak dan kepanasan. Yaiyalah tiap hari gw mainin dari jam 1 (pulang sekolah SD) sampe jam 6 (buat nonton TV 7 waktu itu ada Tsubasa, Nube, macam2lah pokoknya. Hahaha). Lalu munculah PS 2, langsung gw sikat itu konsol. Game pertama yang gw mainin Tenchu Wrath of Heaven. Game ninja-ninja gitu, yang uda gw mainin dari PS 1. Lalu di PS 2 gw ini gw jatuh cinta setengah mati sama game Dynasty Warrior (DW) Series, sama Grand Theft Auto Series (GTA), dan WE series (5 sampe 10)



Gw main DW dari DW 3 sama DW 5. Game ini ceritanya kita jadi seorang jendral perang yang tugasnya ngebantai semua orang, supaya kita menang. Game ini seru banget, kita bisa ngebantai ratusan bahkan ribuan orang. Hahahaha. Tokoh favorit gw Xiahou Dun, seorang pendekar dengan golok gede, rambut panjang lurus tergerai, dan satu matanya yang tertembak panah tertutup eye-patch. Adapun tokoh favorit kakak gw namanya Guan Yu, ituloh pendekar dengan jenggot panjang, dengan tombak golok gede, tokoh yang patungnya suka dipajang di toko2 keturunan Tionghoa, sebagai symbol kesetiaan. Adapula karakter yang paling kuat, namanya Lu Bu. Dia adalah orang paling kuat, paling jeger di game ini, klo lw berantem sama dya, level lw harus 99 dlu, kalo ga lw bakal mati konyol di tebas sama dia. Hahaha.


Demam game kembali membara saat gw maen game ini

Lalu GTA. Pertama gw main GTA itu Vice City. Game ini merupakan simulasi orang yang hidup di kota. Kita bisa naik mobil, naik motor, naik sepeda, naik pesawat, naik kapal, dengerin radio, bisa makan, bisa ngentot, main biliar, bakar mobil, ngeluncurin misil dan bazooka, mukulin orang, nembakin orang, nodong, coret-coret tembok, macem2lah. Pokoknya real life simulation. Kita berperan sebagai gangster yang berambisi menguasai kota. Kita mesti ngerjain misi-misi untuk mencapai tujuan. Hahaha. Begitu juga GTA San Andreas. Bedanya kita punya geng dan wilayah yang harus direbut dan dipertahankan.




Lalu gw masuk SMP. Disitu frekuensi maen gw uda jauh berkurang. Gw mulai berkenalan dengan gitar, persahabatan, dan pacaran. Gw mulai menjadi remaja normal, bukan anak kecil yang freak maen konsol game kayak dlu. Gw mulai melupakan PS 2. Yah ada sih dimainin sekali-kali tapi ga sefreak dlu. PS 2 menjadi sarana mengisi waktu luang atau lagi jenuh sesaat aja, yang paling sering gw mainin ya tentu aja WE, karena nyantai bisa dimainin dengan atau tanpa tujuan. Bisa juga untuk fungsi sosialisasi yaitu kalo tmn2 pada lagi maen ke rumah gw, ga afdol klo ga aduan WE.

Game yang ga pernah mati: Winning eleven


Masuk SMA, gw uda hampir sepenuhnya meninggalkan kehidupan konsol game gw kecuali untuk WE. Gw lebih asyik nongkrong sama sobat2 SMA gw, baca buku (ya iyalah bakal wartawan gitu loh! Hahaha) ngeband (hampir tiap sore), maen bola, dan segudang aktivitas lainnya. Bahkan di saat orang lain sibuk maen game online seperti Ragnarok, CS, RYL, Gunbound dsbnya, gw sama sekali ga tertarik. Tapi meskipun gw ga segila dulu, gw masih suka main game, meski hanya dalam acara mengisi waktu senggang bukan sebagai tujuan hidup. Hahaha.

Lalu saat itu bokap beli PC baru buat rumah gw. Gw mulai berkenalan dengan Football Manager (FM) dan Championship Manager (CM), The Sims dan Age of Empire. Tapi dari semua, gw paling sering maen FM dan CM. Game ini kita berperan sebagai manager sebuah tim sepakbola, dimana kita harus mengatur strategi untuk menang. Bisa transfer, team talk half-time dsbnya, pokoknya berasa kayak manager beneran dah. Hahaha.



Game yang gw gandrungi di PC

Lalu sekarang saat kuliah, hanya WE atau sekarang namanya Pro Evolution Soccer (PES) dan FM yang masih bertahan sebagai game yang masih aktif gw mainin. Saat ini gw lebih menikmati kebersamaan bersama teman2, kesibukan bisnis, dan bermain musik. PES hanya dimainkan sebagai fungsi sosialisasi dan pengisi waktu luang saat jenuh. Hehehe

Sampai detik ini gw masih maen ini, dan gw lagi seneng banget maen ini. hahaha

Well itulah perjalanan gw dan dunia game. Mungkin dulu karena bokap nyokap pergi pagi pulang malam, gw jadi ga punya temen kecuali kakak gw, jadi temen sejati gw adalah konsol game (busyet dah kayak cerita di sinetron2 yah) Baru suatu saat keduanya punya lebih banyak waktu dengan gw, dan gw mulai punya kesibukan lain yang postif, gw mulai mengurangi itu semua. Hahahaha. Hidup memang unik! Pesan saya jangan kebanyakan maen game, itu membuat anda lupa waktu dan lupa segalanya, dan itu bisa merusak mata anda, sayangilah mata anda. Well thx for visiting, see you in the next post! Hahaha.

Ad Maiorem Dei Gloriam

Bene Krisna

No comments:

Post a Comment