Sunday, August 1, 2010

4 hari untuk selamanya (3rd day)

Malam pun berlalu, tanda dimulailah hari ketiga, hari yang paling menguras tenaga, pikiran, dan emosi. Pagi2 kita berangkat subuh, kita berencana untuk ngeliat sunrise di Kaliadem, di bawah kaki gunung Merapi. Mantap banget ga tuh! Saat itu kita ga bakal nyangka betapa nanti hari ketiga adalah hari terdahsyat selama perjalanan kita.

Michael nyetir, sempet kita beberapa salah jalan, maklumlah masih subuh gelap, dan gada yang tau jalan, gw tau tapi lupa2 inget doang, mana gelap, jadi cuma modal sotoy dan nekat aja, gw maju. Hahaha. Akhirnya setelah kerja keras, gigi satu dan dua beroleh kesempatan buat istirahat. Sampai juga kita di puncak Kaliadem, dibawah kaki gunung merapi, tempat spot foto paling indah menurut voting anak2. Cekidot!

Jalur pendakian terjal dan gelap

3 orang tolol sedunia, bugil di subuh di puncak gunung, banyak angin, bodoh sekali mereka :P

Berfoto bersama sunrise

Menyebrangi kali yang dahulunya air, kini menjadi abu, batu dan debu

Merapi sedang Jumawa, masih asyik ngumpet di balik awan

Gw sampe di bukit tertinggi (hoax tai! Hahaha)

sarapan indomie goreng dan rebus di sebuah warung bersahaja

Saat kita ingin pergi, merapi mulai menampakkan dirinya

Rencana selanjutnya kita pengen mampir ke Kaliurang dulu, tapi di tengah jalan lagi2 kita ketimpa peristiwa ga menyenangkan. Kampas rem atau kopling gw ga tau pasti, yang jelas di daerah ban dan velg mobil sewaan kita bau gosong kek kebakar gitu.
Alhasil kita menepi sebentar di sebuah warung bersahaja di kaki gunung Merapi.

Kesempatan gw manfaatkan buat tidur sejenak 30 menitan.

Setelah bau gosong uda ilang, kita kembali jalan. Perjalanan dilanjutkan untuk membeli oleh2 makanan buat orang tercinta di Jakarta. Gw tidur lagi selonjoran di bangku belakang, dipangku anak2 yang laen. Sungguh posisi tidur ya ga tau diri. Hahaha. Bangun tidur gw meracau, ngoceh ga karuan. Gw ngelawak sana-sini, kata anak2 gw mabok mizone yang gw beli di warung waktu nunggu kampas rem tadi. Sialan, naluri ngelawak gw emang lagi poll waktu itu. Hahaha. Sesampainya di kaki gunung jalan Kaliurang, kita belok kanan ke perumahan Banteng, tempat dimana ada toko pusat oleh2 tapi murah meriah. Kita ngelewatin rumahnya Wisnu Broto si NdorJek (ndoro jekso). Sempet kesasar kelebihann belok, Jawir uda emosi jiwa, hahaha, pas muter balik, gw dengan pedenya bilang, “spanduknya warna kuning”. Sambil jalan jawir yg uda emosi jiwa, “mana reklame, pompa air, laundry”. Sekelebat kemudian, “Nah itu wir depan!”, “Apaan spanduknya merah gitu!”, “Gpp, tulisannya kuning, wooo”. Ahhahaha, gw mmasih ndablek aja. Hahaha. Disana kita beli oleh2 makanan semacam Bakpia, Usus goreng, Yangko, dsbnya.

Perjalanan dilanjutkan ke Kotagede, dimana Cece pengen beli gelang dari perak. Konon dahulu kala, doi punya gelang dari perak tersebut, namun di rusakin oleh temennya, dan sekarang dia kemari ingin menuntut balas (lho?) eh salah, dia pengen beli gelang perak lagi. Hehehe.

Kita mampir ke toko yang paling besar dan paling lengkap di kotagede menurut gw, Omah Duwur. Di situ anak2 pada mencar, Cece beserta Anggi Shearen Wina Alvin langsung capcus cari gelang, Pasmud (pasangan muda) Nita Michael nunggu di mobil, Jawir Toro Raff nunggu di luar macam sopir bus pariwisata, sedangkan gw boker ke WC. Hahaha.

Setelah sukses menemukan gelang perak baru, kita melanjutkan perjalanan ke makam kotagede. Sesampainya disana, kita makan siang di warungan kaki lima. Ada bakso, siomay, batagor, warung lesehan Wader, dsbnya. Selesai makan kita berencana masuk ke makam, namun dicegat oleh seorang yang kalo dilihat dari potongannya dia kuncennya, dia bilang, “Mbak Mas, kunjungan ke makamnya mungkin bisa ditunda besok, soalnya pakaian mbak mas sekalian ini kurang pantas gitu”. Emang sih kita pada pake celana pendek and kaosan doang. Gw ga kepikiran sampe sejauh itu, yang gw pikirkan cuma waktu dan kedekatan objek wisata kunjungan. Ya uda kita memutuskan untuk ga jadi mampir. Namun percakapan dengan mbah kuncen jadi melebar dan panjang, puncaknya adalah ketika dia memberitahukan ada pantai baru yang keren banget lebih mantap dan bersih daripada Parangtritis yang awalnya jad tujuan kita berikutnya, pantai itu adalah pantai Waru. Si mbah kuncen memberi tahu jalannya, gw cukup tau apa yang dibilangnya, ada gambaranlah, walaupun ga tau pasti. Akhirnya kita memutuskan untuk capcus kesana.

Gw pun ambil alih kemudi, gw sebenarnya ga tau jalan, tapi gw stay cool, dan nekat aja jalanin. Di perjalanan anak2 kebanyakan tidur, untung ada Toro, doi setia jadi co-pilot gw yang nemenin gw nyetir. Awalnya perjalanan berjalan mulus, namun jalanan mulai ga beres, kok makin kecil ya jalannya, mana kiri kanannya hutan doang, tapi gw pikir, wah bagus nih masih asri, gw pun maju terus, garis pantai, birunya air laut dan putihnya pasir pun uda nampak, gw maju terus. Sampai pada akhirnya mobil kita njeblos pasir!

Disinilah petualangan sebenarnya dimulai. Kekompakkan, kerja sama, komunikasi, dan kebersamaan antar sahabat yang kita bangun setahun terakhir di bangku kuliah sedang di uji. Di menit2 awal gw terus mengumbar maaf, karena peristiwa ga menyenangkan ini terjadi karena kenekatan dan kesotoy-an gw. Gw merasa uda menghancurkan liburan mereka yang seharusnya maen air di pantai, liat sunset, maen pasir, berenang2, eh malah jadi kuli dorong mobil. Namun mereka semua ternyata nyantai aja dengan masalah itu, sungguh kalian teman2 yang baik, dari kalian ber10 ga ada satupun yang mengeluh ataupun menyalahkan tindakan bodoh gw, malah gw yang asyik mengumbar rasa ga enak gw. Kata mereka malah jadi kayak outbound, dimana kita harus mecahin masalah. Akhirnya gw malah jadi merasa bodoh sendiri sampe raff bilang sama gw, gw inget banget, “Ayo Kris, kita usaha sendiri, kita keluarin mobilnya dari sini, kita bisalah!”. Kata2 itu dahsyat banget, dan mencambuk gw untuk bangkit, dan bersemangat untuk mengeluarkan kita dari keadaan itu. Gw pun bangkit memikirkan cara untuk mengeluarkan ban kiri belakang yang nyungsep dalam pasir.

Mobil yang nyungsep di pasir

Kita mulai dengan membersihkan ban dari pasir, kita buang pasir di sekitar ban. Lalu membersihkan bagian bawah as roda yang ternyata keganjel pasir juga. Lalu kita mulai cari batu buat landasan keras, supaya ban bisa berjalan di permukaan keras. Lalu kita angkat mobil dikit, ditambah gas pol, Yahoo!!! Mobilnya bisa jalan. Kita girang bukan kepalang. Namun ternyata hanya sebentar saja gembira itu. Ga nyampe 5 meter, mobil nyungsep lagi di pasir.

Istirahat

Lalu kita pun memutar otak, gimana caranya biar nih mobil bisa jalan. Jawabannya permukaan keras! Lalu kita pun sibuk mengumpulkan ranting, jerami, dedaunan, apa saja yang penting keras, supaya ban bisa berjalan di permukaan yang keras. Semua bekerja, meratakan pasir, mengumpulkan jerami, ranting, dedaunan, batu, everything. Lalu pas kita mau coba nyetir, datanglah tiga orang kuli berbadan kekar, ditambah 2 pemuda yang sebelumnya telah ikut mencoba membantu. Saat mereka datang suasana langsung berubah total.

“Kenapa mas?”
“Bannya njeblos pasir, pak”
“Di dorong aja, kan rame nih, kuat kok”

Oh iyaya kenapa ga di dorong aja? Sebelumnya emang ga kepikiran di dorong karena kita cuma berenam cowok, mana ada tanjakan pasir yang cukup tinggi. Tapi saat dibantu kuli itu, rasanya masalah mendorong merupakan hal yang mudah.

“1…2…3!!!” . Langsung seeet….set…set…mobil terdorong. Awalnya yang nyetir Cece. Katanya saking ga enaknya dia ampe angkat pantat, takut memberatkan. Haha. Lalu saat bagian suadah agak sulit diganti Michael. Saat mobil agak njeblos pun, para kuli itu dengan mudahnya memindahkan mobil, buset! Gampang banget kayak mindahin pensil ke tempat pensil. Uda gitu mereka hanya perlu istirahat 5 sampe 10 detik doang, dan mereka langsung, “ayo dorong lagi”. Gila dah bener2 tuh kuli, mantap, jeger abis!
Akhirnya sampailah mobil kita keluar dari kubangan pasir. Fiuuhh…lega dan senang banget rasanya saat itu. Rasanya uda kayak lulus UAN SMA. Hahaha.
Tapi ternyata masalah belum selesai ampe situ. Raff tepar kecapekan. Dia ga bisa bangkit, katanya badannya sakit semua. Mukanya pucat, matanya uda tinggal segaris. Kita semua uda pada panik, bener2 dah non-stop sport jantung tanpa henti. Kata Alvin yang lumayan tahu P3K, kata Raff gapapa, detak jantung masih normal dan sebagainya. Tapi pas kita anter menuju puskesmas terdekat, matanya uda merem melek gitu, gw takut banget, gw takut menghadapi kemungkinan terburuk, yah U knowlah. Tapi tetep aja, walaupun dia lagi tepar gitu, permintaannya tetep satu, “es teh manis!”, bener2 dah nih orang gw pas masih tepar masih aja minta es teh manis. Haha. Nampaknya dia dehidrasi, kecapekan dan kepanasan, akhirnya jadi dah dia teller begitu. Benarlah dugaan, seperti kata dokter Puskesmas, dia cuma kecapekan, kepanasan dan kurang minum. Ah dasar badan gede, Flores, tapi dorong mobil tepar! Yaaahh…cupu!!! *dengan wajah meremehkan gw seperti biasa. Hahaha

Syukurlah dia gpp, akhirnya kita makan sate ayam di depan puskesmas, sekedar untuk ganjel perut, juga buat Raff supaya dia agak kuat. Lalu kita pulang balik ke Jogja. Di perjalanan, semuanya pada tidur, tinggal Toro yang nemenin gw ampe Jogja. Ampe rumah anak2 ternyata kecapekan dan langsung tidur. Sementara gw Michael dan Nita, capcus ke Malioboro. Michael ngambil duit di ATM, sementara gw kekurangan baju makanya gw beli baju dulu di Maioboro. Hahaha. Sampe rumah eyang gw masuk kamar, Toro, Jawir, Raff, uda pada teller. Gw mandi dan nyusul molor juga. Sementara sisa anak2 pada jalan di Wirobrajan cari makan lagi.

1. hahahahah .. mas .. mas .. paling yahud nh hari ketiga ... yapi tetep pentek by jawirr ... is the best lah ..

2. hari paling brkesan,gw jadi fotografer di kali adem,supir bus pariwisata di kota gede,& kuli dorong di pantai samas,haha