Sunday, August 15, 2010

Balada Seminggu Ajaib

Huah...!!! akhirnya selesai juga seminggu ini. Gila man, seminggu ini rasanya padet banget, namun penuh dengan kejadian ajaib yang menganggumkan. Mulai dari bisnis gw, nonton sampe disorot di TV (hahaha *bangga! hohoho :D), last but not least gw ikut seminar yang memberikan visi gw ke depan. And most of all, banyak banget kejadian ajaib yang gw alami seminggu ini.

Dimulai dari seminggu yang lalu, gw ud berikrar sama diri gw sendiri, gw mau bangkit kerja lagi di bisnis personal franchise dari liburan panjang. Gw memulai lagi dengan ikut OPP (Open Plan Presentation) sebuah pertemuan bisnis TIENS yang membuka penjelasan tentang marketing plannya. Awalnya bokap uda membelanjakan produk yang biasa kita konsumsi, lalu kemudian ternyata itu menjadi titik balik gw karena ternyata ada promo yang mempercepat peringkat distributor. Langsunglah gw sikat promo itu! Naiklah peringkat bisnis gw. hahaha. Belum cukup sampe disitu, Bayu sohib sekaligus kaki terkuat gw punya kaki baru lagi. Gila! sekali gw memutuskan jalan lagi setelah rehat panjang, langsung lancar banget! Itulah keajaiban pertama minggu ini.

Lalu pas gw ke kampus hari Jumat minggu lalu saat ngisi KRS buat kuliah, dapat tawaran untuk ikut lomba debat di Jak TV dalam acara "Mahasiswa Berdebat". Awalnya gw sempet ragu, gw ga pernah ikut lomba kek gini sebelumnya. Tapi setelah gw bertapa di bawah pohon pete 4 hari 5 malam, akhirnya gw memutuskan untuk sikat aj tuh lomba. Lalu capcuslah gw ke Jak TV untuk tinjau acara dan lokasi. Di Jak TV pun ada tawaran untuk manggung di sebuah acara selingan acara debat tersebut. Ga berhenti sampe situ, di tengah perjalanan pulang dari tinjau lokasi debat, ada sms masuk tentang ajakan tawaran untuk nonton acara "Prvocative Proactive" di Metro TV, tanpa mikir panjang, langsunglah gw sikat kesempatan itu. Gila ye!

Seminggu itu, tiba2 aja otak penuh dengan pikiran. Mulai dari menghandle bisnis gw yang lagi kenceng, mencari data2 dan melatih diri dan kelompok untuk acara debat, dan terakhir mengatur waktu latihan untuk tawaran manggung (walaupun akhirnya yang ini batal karena masalah teknis. huhuhu ): ) Gw ngerasa kek makan permen berhadiah gula, seperti minum sirup manis yang dioplos tebu (apalah itu??)

Tim debat yang beranggotakan Jawir, Alvin, Lupita, dan of course gw, kedepatan ngebahas "Sistem Pendidikan yang sudah sesuai dengan perkembangan SDM Indonesia seutuhnya", dan tim kami mendapat peran sebagai oposisi. Tim kami kedapatan ngelawan Univ Muhamaddiyah.

Setiap hari kita latihan, untuk mencari data, mematangkan materi, melatih teknis blokking gerakan, gesture dan camera face (yang membuat kita masuk ke studio di kampus untuk pertama kali lho! *norak! hahaha) menyiapkan argumen, menyiapkan senjata untuk menangkis serangan lawan, dll. Saat2 kita latihan, Pak Hendar beberapa kali datang untuk membimbing kita dan memberikan sejumlah pandangan para ahli tentang pendidikan. Dari sekian banyak pandangan para ahli yang dipaparkan beliau, ada satu pandangan yang sangat menarik perhatian gw. Pandangan itu adalah mengenai pedagogis pragmatis oleh John Dewey, singkat kata doi mengatakan bahwa "Pendidikan untuk hidup" atau "Pro Vita Discimus". Well untuk masalah ini akan gw bahas lebih mendalam di posting berikutnya ya ^^

Kamis malam akhirnya terpilihlah 25 anak untuk nonton "provocative proactive" di Metro TV. Gw sendiri sangat tertarik untuk nonton acara ini, soalnya acara ini sungguh kritis dan idealis dalam menanggapi berbagai kasus yang lagi hot di masyaraka, yang dikemas dengan cara yang beda, segar, sangat kritis sehingga memicu kesadaran aktif pemirsa untuk kritis menyikapi persoalan. Beuh sadis ya? Lebih daripada itu, gw pengen banget bisa foto bareng sama Panji Pragiwaksono, si pembawa acara. Doi adalah alumni angkatan ke 8 sekolah gw dulu, SMA Gonzaga. Bangganya gw. hohoho :D


me and alvin with panji: really likes this picture!


kapan lagi foto bareng mantan orang nomer satu di Jakarta, Bang Yos

Syutingnya emang mulai malem jam 10, dan berakhir jam 11, alhasil gw baru mendarat sampe di kasur kamar yang empuknya ngangenin minta ampun, uda jam 1 malem. Sementara itu gw kudu bangun pagi buat ke kampus buat jemput temen tim debat, tim hore, dan dosen gw, untuk ngehindarin 3in1 di jalan2 protokol ibu kota, baru capcus ke Jak TV, untuk syuting lomba debat jam 9. Wah! gw cuma tidur 3,5 jam! Gw bangun jam 5, siap2 and capcus ke kampus jemput Gebi, terus Wina, baru Lupita sama Pak Hendar.

Di sepanjang perjalanan, gw berasa kayak kuliah gratis 2 SKS sama Pak Hendar tentang hidup. Apa aja kita bicarakan mulai dari pendidikan, kondisi negara, masalah kampus, sampe bisnis. Dan itu rasanya sangat menyenangkan sekali. Cakrawala pengetahuan beliau sangat luas, gw dapet banyak banget pengetahuan baru. But, yang bikin gw bangga, itu bukanlah percakapan satu arah, artinya gw cukup masuk dan ngerti apa yang doi bicarain *bangga ^^ hehehe.

Sampailah di Jak Tv, kita di make-up bentar, sambil nunggu lawan kita dateng. Di penghujung batas waktu, datenglah juga lawan kita Unv.Muhamadiyah.

dan debatpun dimulai...

Diawali dengan pemaparan argumentasi dari tim pro/afirmasi mengenai topik. Lalu dibalas dengan paparan argumentasi dari tim kontra/oposisi/ tim kita *yeah!. Habis itu....Ribut! debatlah kita. Argumen balas argumen, interupsi POI berhamburan, adu keteguhan pun terjadi. Gw pun turut serta berargumen, sempet keselip lidah berapa kali, tapi sikat aja. Terus terang aja, tim kami lebih solid, kita masing2 cukup menguasai materi, sedangkan tim lawan keliatan banget one man team dari seorang cowo namanya Fauzan. Dia emang jago, ngomongnya lancar, tegas, gesturnya asyik, pokoknya keliatan banget ud pro. Di akhir debat gw muncul sebagai pembaca solusi dan kesimpulan dari tim kami. hehehe *bangga lagi! hohoho :D


Debat yuk!

Hasil pertandingan kita masih ga tau. Btw pada nonton ya di Jak TV selasa jam 19.30 malem. hahaha.

Keajaiban yang ada : ajaib ga tuh seminggu dua kali masuk stasiun TV

Keajaiban terakhir terjadi Minggu hari ini. Gw mengikuti sebuah seminar dimana para disbutor TIENS berpesta pora. Gw Impact (maju ke panggung) karena berhasil naik peringkat bisnis. hahaha. Terlebih daripada itu gw mendapatkan apa yang disebut "VISI". Pandangan dan tujuan gw ke depan. Ga hanya visi dalam bisnis, tapi visi dalam hidup untuk sekitar 2 tahun ke depan. hahaha.


Ini nih gajah2nya. haha


akhir kata, Gw bukannya mau sombong atau mau pamer tentang kesibukan gw. Gw cuma mau mengatakan / sharing bahwa kalo kita mau maka Tuhan akan memberikan jalan. Bahkan sampai hal yang mungkin imposible sekalipun. Sebelumnya gw ga pernah mimpi bakal masuk TV 2 kali dalam seminggu, gw juga ga nyangka start balik gw dari cuti bisnis bakal bisa selancar ini. For me it's magic! Seperti kata Andrea Hirata dalam buku Laskar Pelangi, "Tuhan akan datang dan memeluk mimpi-mimpi"

Oh ya satu lagi, moral of the story yang ingin gw bagi ke kalian semua adalah, take the chance! ada celah, peluang apapun sedikit aja, masuk! sikat! take the chance and seize the day!

Thnx for visiting, see you in the next post, succes for all of you :D

Ad Maiorem Dei Gloriam
Bene Krisna

2 comments:

  1. heyy ! aku nonton yang provocative itu kris, kayanya ngeliat kamu juga. hahahha

    ReplyDelete
  2. Oh ya? wakaka...lumayan masuk tv. hehe

    ReplyDelete