Sunday, November 14, 2010

So Here I am

Flashback ke 8-12 tahun yang lalu. Waktu gw cuma seorang anak SD yang sangat freak maen game. Pulang sekolah dari jam 1 maen sampe jam 6, 7 hari dalam seminggu, 12 bulan dalam setahun. Seorang maniak game! Nilai raport berantakkan dan selalu calon veteran (khususnya kelas 5 SD gw inget banget!) Tukang dipanggil guru karena bermasalah kalo rapotan. Selalu jadi biang keributan di kelas. Ekstrem!

SMP setali tiga uang, tapi ada kemajuan dikit. Gw ud bukan cavet, nilai gw pun membaik, gw pun sempet mengenyam jabatan ketua kelas selama satu semester *bangga! Gw mulai bersosialisasi dengan banyak teman, melalui alat ekskalasi sosial bernama "BAND". Tapi gw tetep bermimpi melihat temen2 gw yang ranking dan berprestasi. Kapan ya gw kayak mereka? Ga usah jauh2 deh, gw liat kakak gw aja, nilainya ga pernah mengkhawatirkan.

SMA, titik balik hidup gw. SMA Gonzaga! disanalah gw mengalami revolusi diri! Membuat gw menjadi seorang yang berkarakter. Ada isinya. Gw ga tahu deh apa jadinya gw kalo ga sekolah disitu. Ga pernah berhenti gw mengagumi almamater gw ini, karena merekalah gw jadi seperti ini. Banyak hal yang terjadi disana.

Kurikulum disana bukan pengajaran tapi pendidikan. Bedanya? Pengajaran adalah siswa yang penting tahu, kalo pendidikan itu siswa dibentuk menjadi sebuah pribadi. Pendidikan yang diterapkan disana berbeda dari yang biasa, tentu saja hasilnya diluar biasanya (baca: luar biasa) Kita dibolehkan gondrong, . Kita diberi kebebasan namun tetap bertanggung jawab.

Pertemuan gw dengan guru sosiologi gw, AGUS DEWA IRIANTO, mengubah banyak hidup gw. Dya itu ngajarin anaknya cara pake otak, bener gw ga berlebihan, sebelum bertemu dya gw ngerasa otak gw ini lelet banget, kopong, garing. Habis ketemu dia gw ngerasa ngerti cara make otak, dan gw ngerasa "selama ini otak gw ngapain aj?" hahaha. Berpikir tuh harus logis, sistematis, runut. Dia ngajarin kita cara variabel bebas dan terikat, cara brainstorming, dan berbagai bekal berharga untuk hidup.

Pak Dewa itu selalu menantang siswa2nya seperti dengan istilah, "ANAK GONZAGA ITU CEMEN!!! GONDRONG DOANG GADA ISINYA", dia ingin kita itu merasa terhina, saat itulah kita bangkit dan bersemangat dan membuktikan diri bahwa kita itu bisa.
Dia selalu membanding2kan kita dengan sekolah lain. Dia ingin kita memiliki semangat unggul, lebih dari semuanya, kompetitif. Harus pintar, berkarakter, ada isinya. Harus sering liat keluar jangan kayak kacamata kuda

"Mau jadi apa anak SMA ga pernah baca?". Stelah dia ngomong itu, pipi gw rasanya kayak ketampar! Percaya apa ga, gw langsung rajin melahap semua bacaan, padahal mah dulunya gw maless banget baca

"Anak pak dewa itu ga ada yang takut sama PL", dia mengajak kita untuk berani, bukan untuk berkelahi. Melatih mental.

Di SMA jugalah, pertama kalinya dalam hidup, gw mengecap rasanya menjadi juara. Berkali-kali bahkan *pamer karena bangga! hehehe :D Panggung festival band dimana pun kita kuasai. Gw belajar semangat unggul, mental juara, kerjasama tim di band. Gw pun belajar ketegasan dan mengambil sikap disana, yaitu pas gw ngambil keputusan untuk cabut (ada deh alasannya, karena satu dan lain hal. Kapan2 akan gw bahas di post lainnya)

Wah kok jadi ngomong SMA gw ya? itu laen kali aj deh d post

Pas SMA pun gw masih bocah ingusan yang sedang mencoba mengembangkan sayapnya. Saat dimana gw mulai berani bermimpi. Saat dimana gw mulai terbang untuk memeluk mimpi2 itu. Masa-masa pencarian jati diri gw. Dimana galau adalah makanan sehari2 gw. Dimana kritis cenderung naif adalah agenda gw saban waktu. Mempertanyakan ini itu. Idealis mentok! Pengembangan diri adalah cabuk gw tiap hari

Syukurlah semua terlewati dengan baik

Impian akan menjadi JURNALIS...

Kuliah. UMN. 2 smester katam dengan IPK yang sangat membanggakan (menurut gw) Dimana saat SD pun gw ga pernah ngimpi untuk meraih nilai setinggi ini. Bahkan saat SMA pun nilai merah pun masih akrab di lembaran raport gw. Tapi pas kuliah, tidak kubiarkan satu tetes tinta merahpun terjatuh di lembar raport gw. Gw pun melesat mengejar mimpii gw:JURNALIS

Gw lebih aktif menulis, juga membaca. Diskusi dengan dosen, dan sejumlah teman yg kritis. Gw pun ikut sebuah bisnis untuk mencari uang sendiri. Keluar masuk siaran TV. Masih aktif ngeband. Ikut lomba debat mahasiswa di Jak TV.

Gw telah berubah total! bahkan dalam setahun pun, semua teman SMA gw pun kaget.
"Ini si Bene? Rajin banget!"
"Bene si laskar gonz? anjrit! makan apa loe Ben?"
"Asik dah sibuk sekarang, cari duit"
"Gila lw Kris, yakin nih masih lw teman SMP gw yang suka nyoret tembok orang bareng?"

Sumpah demi Tuhan itu ga gw karang2, itu semua kata temen2 gw.

Bahkan bapak gw pun bilang, "Ajaib, dulu kamu setiap rapotan selalu bikin deg2an, sekarang nilai B aja lebih dikt dari A". *bangga banget gw denger ini. Thanks Pah! :D

So here I am, gw kandidat wakil ketua himpunan mahasiswa jurusan. Fiuuhh...ini puncak karier keorganisasian gw. Sebelumnya gw cuma level anggota. Paling mentok jadi ketua laskar gonz yang secara kelembagaan santai dan tidak bisa disebut lembaga formal. Tapi liat gw sekarang! Dulu pas SD, SMP, ditunjuk jadi ketua pun gw selalu mengelak. hahaha. Infantil!

So here I am, still have to fight!

*Maaf kalo postingan ini kental dengan aroma narsis. Coba pahamilah kalau anda berada di posisi saya. Seorang pecundang yang berubah menjadi pemimpin!

1 comment:

  1. * wuiz, ceritanya mantap. inspired banget (englishnya betulkah?. kalo ngga, anggap betul aja dulu :)

    ReplyDelete