Monday, June 11, 2012

Dahlan Iskan Berbagi Soal Wirausaha


Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan menjadi pembicara utama dalam acara CHEERS (Create High Enthusiasm of Enterpreneurship) yang diselenggarakan YOURS (Young Entrepreneurs Association) di Function Hall, Universitas Multimedia Nusantara (UMN), Senin (4/6). Acara itu dilaksanakan juga sebagai peresmian YOURS.
            Pada kesempatan itu, Dahlan tidak banyak berbicara soal teori bagaimana berbisnis, melainkan dia mengundang peserta seminar untuk maju ke panggung untuk bercerita soal bisnisnya. Ada tujuh orang yang beruntung untuk maju ke depan untuk berbagi cerita dan keluh kesah usaha mereka dengan Dahlan. Mereka bercerita soal usaha mereka, perkiraan profit bahkan cerita duka karena nyaris bangkrut ataupun ditipu orang.
            “Sakit hati adalah modal untuk maju,” ujar Dahlan yang kemudian mengundang sambutan dan tepuk tangan peserta seminar (yang kebanyakan mahasiswa dan praktisi bisnis) yang datang.
            “Anda hebat, karena masih muda, tapi sudah matang. Sudah kenyang pengalaman, mulai dari ditipu dan sebagainya.” Kemudian Dahlan menyarankan mulai dari sekarang mahasiswa mulai menjadi seorang wirausaha, maka 5-10 tahun ke depan bisnisnya sudah maju.
            Dahlan menjelaskan tiga alasan mengapa para wirausahawan muda ini akan meraih suksesnya 10 tahun lagi. Alasan yang pertama adalah soal usia. “Kalian masih muda, perjalanan masih panjang, masih kuat tiga hari begadang sekaligus, enerjik.” Kaya pengalaman adalah poin kedua keunggulan mereka. Lalu alasan ketiga adalah pada 10 tahun ke depan kondisi ekonomi Indonesia akan jauh membaik. “10 tahun ke depan ekonomi yang akan mendikte politik, tidak seperti tahun-tahun sebelumnya. Dan tidak akan ada korelasi antara gejolak politik dengan kondisi ekonomi,” ujarnya menutup sesi seminarnya.
            Kemudian Dahlan mengikuti rangkaian acara dengan meresmikan YOURS, dengan menyematkan pin ke pengurus YOUR yang terdiri dari Ketua YOURS Neneng, Konseptor dan Dewan Penasihat YOURS Michael Loe, Ketua Acara CHEERS Pricilla Angelia dan Pembina YOURS Ika Januarti. Ketua Acara CHEERS Pricilla Angelia mengatakan ide YOURS ini tercetus sekitar sebulan yang lalu oleh para mahasiswa. Ilmu Komunikasi 2009 yang menempuh mata kuliah CSR dan Event Management. “Mengingat sangat pentingnya networking dan dibutuhkannya wadah untuk menampung para mahasiswa yang sudah memiliki dan menjalankan bisnis sejak dini," ujarnya ketika ditanya soal tujuan diadakannya CHEERS.

Dahlan Iskan menjadi pembicara utama dalam acara CHEERS (Create High Enthusiasme of Enterpreneurship) yang diadakan oleh YOURS (Young Enterpreneur Association) di Function Hall, Universitas Multimedia Nusantara, Gading Serpong, Tangerang, Senin (4/6).
    
       Acara ini juga dihadiri oleh Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Raja Sapta Oktohari, President of ITB Interpreneurship Challenge 2011 Renard Widarto, Juara pertama Bizcamp Challenge 2011 Ryan Putera Pratama, Pakar E-Market Natali Ardianto. Tak ketinggalan mereka juga memberikan seminar bagi peserta yang hadir disana. (BKY)

No comments:

Post a Comment