Saturday, December 19, 2009

Kataisasi + kreativitas + kecepatan berpikir = plesetan!

Kataisasi adalah sebuah kosa kata baru yang berhasil gw lahirkan semalam. Yang artinya proses pembuatan kata-kata. Berasal dari, ‘kata’ dan ‘isasi’ yang artinya proses. Aduh! Sok pinter mode on banget sih gw! Apa kata dosen bahasa gw?!

Waktu itu gw lagi mau tidur malem, tapi tiba-tiba ide itu nongol begitu aja. Alhasil laptop gw berhasil membidaninya dengan selamat dan sukses sehat walafiat dengan berat 3,5 kg (lho? Emang gw bidang bidan bayi?) dan gw punya tanggung jawab moral untuk membagikannya bersama kalian.

Anyway yang pengin gw certain disini adalah sebuah kebiasaan yang ga bisa gw dan temen2 rem. Setiap ada sebuah kata terlontar, langsung aja…bet…bet..set…kata itu diplesetkan untuk dibuat mainan. Ga peduli kata itu punya similar sound dan penulisan yang mirip atau ga, yang penting diplesetin aja. Tujuannya jelas: mengundang tawa, pulang tak diantar (lho?)

Sebut aja kayak waktu itu, lagi Grand Launching kampus gw. Gw, Raff, Jawir, ma Toro dan anak2 sekampus lagi duduk di Lobby nunggu menteri. Anjrit baru jadi menteri aja songong banget ya, minta disambut segala! (Yaiyalah goblok! Namanya juga menteri, kalo tukang ojek mah dia yang nyambut kedatangan kita!) Doi agak ngaret, maka sambil menghilangkan rasa bosan kita ber4 bercanda.

Diawali dengan gw nunjuk spanduk gede dengan Tulisan, “Selamat Datang Mendiknas Moh.Nuh”. Spontan gw nyeletuk, “Nuh bukannya nama nabi itu ya?” Terus kalo ga salah Toro bilang, “Iya nabi Nuh”. Lalu dengan ekselen gw nyeletuk lagi, “Bukan bego Nabi itu nama pemain bola”. Jawir dan Raff : “Hah? (wajah bingung). Gw : “Iye Nabi Alonso!”. Raff dan Jawir : “XABI!!!!”. Entah ada angin apa malah gw yang ketawa sendiri. Itulah my funniest plesetan of the year!

Ada lagi nih kocak juga kita lagi ngomongin upload foto facebook pake FLOCKbrowser.
Gw : Flock itu bukannya itu ya, kek gini, eh goflock banget sih loe!
Jawir & Raff: goBLOK! (tanda seru masih satu)
Toro : (tertawa, wajah masih segar)
Gw : Kita liburan pergi ke Flok M kan?
Jawir & Raff : BLOK M!! (Tanda seru sudah dua)
Toro : (tertawa lebih nyaring, wajah mulai merah)
Gw : Kalo mau bikin tulisan di internet itu mesti pake flocker kan?
Jawir dan Raff : BLOGGER!!! (Tanda seru kini tiga)
Toro : (tertawa sangat nyaring, mata mulai berair dan menangis)

Yang terbaru adalah saat kita belajar filsafat religiositas. Nike nanya tentang dogmatisme dan agnostisisme (anjrit berat bet!) ke kelompok kami yang sedang presentasi. Bukannya memikirkan untuk menjawab, kita malah...

Gw : Apa...? (kurang denger pertanyaannya karena kelas berisik)
Nike : Dogmatis
Gw : Raff, Wir, Dogma itu bukannya pemain bola itu ya? pemain celsi itu
Raff & Jawir : DROGBA!!!! (tanda seru langsung empat saking gedeknya!)

Dan begitulah setiap hari. Gw dan Jawir sangat fasih dalam plesetan. Bahkan gw diberi gelar SPL (sarjana plesetan). Aduh bangga sekali gw, akhirnya gw menemukan bakat terpendam gw (selain ngupil tentunya) Belakangan Toro dan Inne juga aktif. Inne apalagi, gw rasa dia ada “bakat” ekselen, setiap dia mlesetin, beuh! Pastinya….lucu ne. Dan Raff menyerah. Dia adalah pendiri APC (Anti Plesetan Club!) paling bête and males dia tiap kita main. Secara dia ga terlalu lihai (hahaha. Piss coy!) dalam kataisasi tadi.

Tips-tips jitu dari Mas Sorjan untuk jadi jagoan plesetan (A Must read for Bank Raff!)

1. Makan pas laper, berak pas kebelet, tidur kalo ngantuk (lho? Itu mah anak kecil juga tau!!! Dodol!!!) Oke point ini masih bercanda, mulai point kedua serius mode on!
2. Banyak membaca. Apa aja yang bisa dibaca! Khusunya bacaan yang berbobot dan bisa mendongkrak intelektualitas kita seperti, coretan dinding jalanan kejam ibukota (halah!) seperti :Bolay was here!!! Atau dilarang buang sampah disini, dlsb (dan lain sebagainya)
3. Aktiflah di tiap kesempatan. Bisa dimulai dari tingkat RT,RW, Kelurahan, Camatan, Bupaten, Nasional, nah kalo uda nyampe level terhormat itu loe bakal dijadiin timnas plesetan Indonesia di ajang WCP (World Cup of Plesetan)
4. Jangan takut malu atau jayus. Sikat aja gan, biar kata ga lucu, PD aje.
5. Banyak berdoa, bersedekah, dan kurangin ngutang sama tukang toprak dan gorengan (karena kelak mereka akan menyumpahi anda ketika anda belum bayar utang samape setahun!!!)
Well itulah permainan dan candaan yang terjadi di kelas. Lumayanlah buat menyegarkan suasana suntuk kuliah.

Keca leter! (baca: catch you latter!)

Ad Maiorem Dei Gloriam
Bene Krisna

No comments:

Post a Comment