Pages

Semua yang saya tulis disini adalah benar adanya tidak hoax, maka feel free untuk anda meng-copy tulisan saya untuk keperluan anda jika memang bermanfaat. Namun jangan lupa untuk cantumkan alamat blog saya di bagian sumber atau daftar pustaka. Karena saya telah menghargai anda, maka hargailah saya juga. Mari kita tetap beretika di era kebebasan informasi ini. Salam!

Saturday, December 19, 2009

Salah Kaprah Arti Kata "Dirgahayu"

Menjelang 17an (hari kemerdekaan Indonesia) banyak kalimat yang bertuliskan begini, “Dirgahayu Republik Indonesia yang ke 64” (ditulis tahun 2009). Jika diartikan, maka maksud kalimat itu adalah “selamat ulang tahun RI ke 64”. Bukankah demikian,pengartian kalimat menurut logika bahasanya?
Teman-teman tahukah kalian bahwa selama ini bahwa penggunaan kata “Dirgahayu” pada kalimat itu ngawur. Dirgahayu menjadi diartikan “Selamat Ulang Tahun” padahal arti sebenarnya adalah “Panjang Umur”.
Ya, arti kata “Dirgahayu” adalah “panjang umur”. Coba deh kalian tengok di kamus Bahasa Indonesia.
Inilah tribute gw untuk negeri gw di hari kemerdekaan tahun ini (halah! Hehehehe)
MERDEKA cooooyyyyy!!!!!

AMDG
Reposting dari notes facebook gw

2 comments:

  1. Teman-teman tahukah kalian bahwa selama ini bahwa penggunaan kata “Dirgahayu” pada kalimat itu NGAWUR. Dirgahayu menjadi diartikan “Selamat Ulang Tahun” padahal arti sebenarnya adalah “Panjang Umur”.

    Penulis artikel ini juga NGAWUR, mana ada "Selamat Ulang Tahun"??? Kok tahun bisa diulang?? Kalo bulan bisa diulang, hari bisa diulang, jam, detik juga bisa diulang, tapi tahun? dasar NGAWUR tenan

    ReplyDelete
  2. @ jdksundah : terima kasih karena telah membaca dan komentarnya. hehe

    ReplyDelete